Manfaat Asuransi Untuk Investasi

Asuransi merupakan salah satu bentuk upaya mempersiapkan masa yang akan datang supaya bisa terkondisikan. Adakalanya mengikuti asuransi ini memiliki berbagai tujuan, contohnya yaitu seperti mempersiapkan hari tua, untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa saja terjadi tidak terduga, untuk Pendidikan dan bahkan juga asuransi untuk Kesehatan. Sekarang ini lebih menarik lagi dengan adanya asuransi untuk investasi, Pembahasan mengenai asuransi investasi tidak bisa dilepaskan dari asal usul kata serta dari  pengertian kedua kata tersebut.

Dua kaya ini tentu saja memiliki pengertian dan tujuan yang berbeda. Asuransi berasal dari kata insurance yang dalam Bahasa inggrisnya yaitu berarti jaminan, pertanggungan atau tanggungan.

Kemudian Investasi yang berasal dari kata Bahasa Inggris Invesment yang berarti menanamkan uang. Tujuan dari prang yang menanam uang yaitu mengharapkan yang yang ditanam pada saat ini akan memperoleh hasil serta nilai tambah pada waktu yang akan datang.

Kemudian bagaimana jadinya pada saat kedua kata tersebut digabungkan? Di asuransi pada khususnya asuransi jiwa, dalam hal ini peserta asuransi mengeluarkan uang yang digunakan sebagai pembayaran premi kemudian yang bisa jadi akan hangus kalau selama dalam masa pertanggungan untuk pemegang polis asuransi ini tidak meninggal dunia.

Namun hal tersebut akan jadi sebaliknya, untuk resiko finansial peserta asuransi pada saat dirinya meninggal dunia akan ini akan menjadi tanggungan dari perusahaan asuransi. Sedangkan kalau di dalam investasi, Kalau terjadi kerugian untuk resiko investasi merupakan tanggungan dari investor atau dari penanam modal.

Nah sudah paham kan terkait asuransi untuk investasi ini? Setidaknya dari penjelasan diatas bisa Anda ketahui mengenai hal tersebut. Nah selain itu Asuransi memiliki tujuan tersendiri. Apa itu?

Tujuan Asuransi Perlu Anda Ketahui

Sesuai dengan yang tertera ada di dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian Pasal 1, disebutkan bahwa asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk:

1. Memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti; atau

2. Memberikan pembayaran yang didasarkan pada meninggalnya tertanggung atau pembayaran yang didasarkan pada hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Nah asuransi untuk investasi ini sebenarnya ada banyak manfaatnya, seperti:

1. Untuk Pendidikan

Anda bisa menggunakan asuransi mempersiapkan masa depan anak dalam dunia Pendidikan. Sebenarnya kalau dibilang investasi memang asuransi sendiri kalau kita rasa-rasakan seperti investasi. Karena kita berusaha untuk mempersiapkan masa dengan dengan cara sedari dini mungkin.

2. Untuk Kebutuhan Mendesak

Dalam hal ini biasanya kita akan mengambil Asuransi jiwa sebagai persiapan kita Ketika terjadi kecelakaan atau apapun yang tidak kita inginkan dalam diri kita. Seperti contohnya yaitu asuransi jiwa dwiguna dengan memiliki sebanyak dua manfaat sebagai asuransi yang digunakan untuk perlindungan dan sebagai tabungan, dan  asuransi jiwa unit link yang tentunya juga bisa memberikan manfaat asuransi sekaligus sebagai investasi.

3. Untuk Mempersiapkan Masa Pensiun

Apalagi Namanya kalau bukan investasi kalau sekarang kita mengumpulkan uang kemudian jika masa tuan anti kita sudah terjamin dengan adanya asuransi meskipun sudah tidak bekerja lagi. Tentu ini merupakan investasi terbaik.

0 Response to "Manfaat Asuransi Untuk Investasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel